PILIHLAH JENIS MERAH YANG ORGANIK

Nutrisi- Musim buah naga memang sudah lewat, tetapi kita masih mudah menjumpainya di pasar. Buah naga yang memiliki bentuk unik, mirip sisik naga ini memiliki rasa buah yang kurang begitu manis. Buah naga memiliki banyak kandungan air dan bersifat menghidrasi.

Oh ya, ada baiknya memilih buah naga yang daging buahnya berwarna merah keunguan karena nutrisnya lebih unggul dibandingan yang warna putih.

Lebih dari 80 persen kandungan buahnya adalah air. Satu buah naga ukuran besar bisa setara dengan air satu gelas. Buah naga termasuk buah yang mudah dibudidayakan secara organik. Warna merah keunguan pada daging buah naga adalah pigmen betasianin atau antioksidan kuat. Vitamin utama pada buah naga adalah vitamin C dan B1, ada kandungan kalsium, fosfor dan zat besi-nya juga loh.

Buah naga mengandung serat yang baik serat larut air maupun tak larut air. Serat yang pertama bisa menurunkan kadar kolestrol, sementara serat yang kedua bisa memudahkan buang air besar. Biji kecil-kecil yang terdapat di dlam buah naga mengandung sumber asam lemak tak jenuh (lemak baik). Kandungan lemak baik ini berkhasiat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam darah.


(SEDAP, SEDM180502 Hal.82)